Selasa, 30 Januari 2018

Cara Untuk Melakukan Pencegahan Kanker Payudara

Kanker payudara tetap menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti bagi banyak wanita, termasuk di Indonesia.

Spektrum ini dibuktikan dengan data yang disusun oleh WHO. Data menunjukkan bahwa fase dan siklus menstruasi jumlah penderita kanker payudara di Indonesia meningkat tujuh kali.

Karena itu, diharapkan semua wanita bisa menjaga kesehatan payudara sesegera mungkin. Deteksi dini bisa menjadi cara aman untuk mencegah kanker payudara.

Hal tersebut diungkapkan ahli bedah onkologi bedah, dr. M. Yadi Permana, Sp. B (K) Onk. Dr. Yadi mengatakan, ada beberapa cara untuk mencegah kanker payudara, salah satunya dengan deteksi dini.

Gerakan ini paling dikenal sebagai BSE (pemeriksaan diri terhadap payudara), menggunakan tangan dan mata untuk mendeteksi adanya perubahan fisik pada payudara.

Cara melakukan deteksi dini juga cukup mudah. Rasakan seluruh permukaan payudara Anda, rasakan jika ada benjolan. Kemudian amati dengan saksama jika ada perubahan bentuk, warna atau tekstur kulit, seperti kulit jeruk.

Gerakan harus dilakukan di beberapa posisi, yaitu saat kedua tangan berada di sisi tubuh, saat kedua tangan terangkat, maka mereka diposisikan ke bawah dan juga saat mereka berbaring.

Menurut dr Yudi yang membuka latihan di Rs. Pondok Indah, waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan payudara adalah tujuh hari setelah menstruasi.

"Saat wanita di masa menstruasi, ada banyak perubahan cara melancarkan haid hormonal pada tubuh wanita, seperti rasa sakit dan pembengkakan di payudara, sehingga pemeriksaan menjadi kurang efektif, jadi sebaiknya dilakukan tujuh hari setelah menstruasi, saat hormonal. perempuan telah stabil, "katanya. .

Lebih dr. Yadi mengatakan, jika Anda merasa ragu untuk melakukan pemeriksaan diri Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan spesialis.

Dr. Yadi juga menyarankan, untuk wanita berusia antara 20 dan 39 tahun, harus menjalani pemeriksaan klinis payudara oleh dokter selama pemeriksaan medis minimal tiga tahun.

Setelah melewati usia 40 tahun, pemeriksaan klinis payudara harus dilakukan minimal setahun sekali.

Tujuan dari pengujian ini adalah, jika ada perubahan yang mengarah pada kondisi serius yang bisa ditangani sesegera mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar